awan petruk


Berbicara tentang gunung Merapi tak lepas dari segala mitos dan cerita misterinya. Banyak orang terutama para masyarakat yang tinggal di lereng merapi  meyakini gunung merapi itu dikuasai oleh sosok gaib yakni Mbah Petruk.  Mereka menduga kehadiran mbah petruk memperlihatkan diri sebagai pertanda bencana besar di Merapi. 

Ketika muncul awan yang penampakannya mirip Petruk, banyak penafsiran yang muncul. Ponimin, yang disebut-sebut pengganti Mbah Maridjan sebagai juru kunci Merapi, menyatakan bahwa sosok mirip Petruk itu merupakan salah satu penunggu Merapi. Menurutnya, seperti ditulis Detikcom, hidung Petruk yang menghadap Yogyakarta mengandung arti Merapi mengincar Yogyakarta.Mbah Diwur (54), warga Desa Dusun Gaten Desa Ketunggeng Kecamatan Srumbung membenarkan, adanya keyakinan sosok Mbah Petruk sebagai penguasa Merapi yang berkembang di masyarakat. “Dia bersemayam di dalam kawah Merapi,” kata dia.

Menurut Sugihartono (40), seorang warga Desa Pucanganom Kecamatan Srumbung, kepercayaan tentang adanya sosok
mbah Petruk di gunung Merapi itu tak bisa lepas dari sejarah peralihan Hindu Majapahit dan Islam Demak.

Oleh masyarakat sekitar Merapi, kata dia, Mbah Petruk itu diyakini sebagai sosok Sabdo Palon Nolo Genggong, seorang penasehat raja Majapahit Brawijaya V. Di akhir kejayaan Majapahit karena masuknya pengaruh Islam di Demak, Brawijaya memilih berdiam di gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Dia disia-sia,” katanya.

Karena sang Raja telah tersingkirkan maka Sabdo Palon pun memilih mengikuti jejak sang raja. Namun, dia memilih gunung Merapi sebagai tempat tinggalnya.
Sebagai balasan terhadap lawan-lawan yang berkuasa, dia mengangkat sumpah. Kelak akan menagih janji penguasa negeri tentang amanahnya mensejahterakan rakyat.

Letusan Merapi, kata dia, bagi masyarakat yang masih memegang teguh legenda itu dipercaya sebagai peringatan bahwa penguasa negeri ini lalai menjalankan amanah rakyat. “Si Mbah marah dan menagih janji penguasa,” kata dia.

Disisi lain, menurut peneliti gunung api dari Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Igan Sutawijaya, awan itu sebetulnya asap akibat erupsi vertikal Merapi. Asap itu membawa gas solfatara berikut abu-abu vulkanik. Asap ini mirip dengan wedhus gembel hanya saja gerakannya membubung tinggi ke angkasa. “Angin dan awan mungkin saja membentuknya menjadi formasi itu,” kata Igan yang dihubungi lewat telepon pada Senin (8/10). Igan juga menambahkan kalau dari daerah selain Magelang, awan itu bisa saja tampak berbeda.

Igan juga menegaskan kalau asap seperti ini sudah biasa dikeluarkan gunung api. Asapnya bisa saja berhubungan dengan erupsi, tapi bentuknya tidak menentukan kejadian erupsi, jelasnya.

Awan petruk ini merupakan suatu kearifan lokal yang mungkin susah dicerna oleh masyarakat lain.  sudah selayaknya hal-hal yang berbau mitos, klenik, atau apalah namanya diluruskan jika memang fakta ilmiah dari hal itu memang ada. jadi jangan lantas karena dianggap “kearifan lokal” masyarakat dibiarkan. Sesuatu yang menjadi bagian kearifan lokal, hendaklah dihadapi dengan bijak dan gak perlu di perdebatkan.

Belajar dari pengalaman  siapa tau bentuk awan tersebut menggambarkan apa yang berkecamuk di dalam perut merapi.., nah itu tugas para akhli buat menganalisa bentuk awan itu…, kenapa bisa sepertt itu – bukan cuma menyangkal – buktinya korban semakin banyak…- bukan tahyul apalgi sirik… tetapi belajarlah dari tanda-tanda alam…

http://www.tempointeraktif.com/hg/jogja/2010/11/01/brk,20101101-288646,id.html

http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/137/apa-sebetulnya-awan-petruk

  1. hihihi mba endang, artikel kita sama nehhhh……..
    piye pendapat mb endang ma mitos itu mba??????

    • kalau saya pribadi slama ini gagh percaya sama namanya mitos ataupun apalah yang berbau mistis itu. tapi kalau sudah menyangkut awan petruk di merapi ini saya hanya bisa menghargai kepercayaan para masyarakat disana saja. mitos itukan bagian dari kearifan lokal masyarakat. kita tidak dapat membenarkan ataupun menyalahkan masyarakat yang masih tetap mempercayai hal-hal mistis seperti itu.
      meskipun banyak orang modern (berpikir lebih rasional)baranggapan mistis itu sebuah tahayul toh kenyataannya masyarakat yang berpikirnya masih terpengaruh alam (tradisional, para sesepuh) tetap mempercayainya. bahkan mereka lebih percaya sama alam ketimbang ilmu pengetahuan sekarang.

    • nur kholis
    • January 14th, 2011

    kalau untuk lbh jelasy kita tanya dalang aj,,,, petruk tu kalau dalam pewayangan gambaran dari apa n sifat petruk tu seperti apa???? setelah kita tau sifat petruk daklam pewayangan munkin kita bsa mempunyai penjelasan lain dri awan petruk itu sendri.

    • setau saya petruk dalam pewayangan itu merupakan tokoh jenaka, pandai bicara dan dan pandai bicara.
      inti pendidikan budi pekerti yang ada dalam filosofis petruk (nyontek dari Kangguru ) yaitu:
      -Budi dan watak tidak dapat diukur dari penampilan/ fisik, tetapi dengan perilaku nyata.
      -Bawahan harus setia pada atasan
      -Mengerjakan tugas hingga tuntas dan diusahakan berhasil dengan baik
      -Jangan merebut hak dan milik orang lain
      -Semua tindakan harus dengan penuh perhitungan, jangan ceroboh dan tergesa-gesa mengambil keputusan.
      -milikilah watak momong, momot, momor,mursid, dan murakabi
      -Kalau sudah mulia jangan terlena
      -Kalau salah harus berani mengakui dan meminta maaf.
      dari “Kangguru” di atas, saya menyimpulkan kalau petruk ini memiliki pribadi yg baik, mengajarkan tentang kesetiaan dan kebaikan.
      tetapi, petruk di merapi yang dianggap sebagai penunggu merapi ini jika kita mendengar itu pemunculannya sebagai penagihan janji apabila muncul ketidakadilan di masyarakat, sebagai peringatan kepada pemerintah karena sifat dari petruk sendiri itu sebagai abdi (sabdo palon).

  2. lau menurut ak y kawan… awan petruk tu gak bs disamakan dg tokoh pewayangan… awan petruk tu lau menurut ak hanya bagian dari fenomena alam yang gak sengaja membentuk seperti itu….hhooo
    it menurut ak,tpi tiap org berhak berargumen n percaya ato egak kog kog…

  3. Apakah anda percaya dengan mitos-mitos yang ada di jaman modern seperti sekarang ini?

  4. mitos tentang gunung merapi yang dikaitkan dengan awan petruk tidak semua orang mempercayai kejadian tersebut?biarlah itu menjadi bagian dari gunung merapi itu sendiri.

  5. memang terkadang banyak peristiwa bencana alam yang terjadi di dunua ini, terutama di Indonesia sering dikait – kaitkan dengan suatu hal yang mistis. Namun tentu saja itu tergantung kepada diri kita masing – masing bagaimana untuk menghadapi hal tersebut. apakah kita akan percaya pada mitos yang bereda, ataukah kita akan tetap berpedoman pada kenyataan yang ilmiah dan dapat diterima dengan nalar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: