Sosiologi bagaikan Polisi


sosiologi dan polisi, keduanya memiliki sifat yang sama. dimana keduanya akan memiliki pola atau langkah yang sama dalam kerjanya. sebelum membahasnya lebih jauh kita cermati dulu definisi dari keduanya.

Definisi dari menurut para tokoh, antara lain :

Roucek dan Warren, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

William F. Ogburn dan Meyyer F. Nimkoff, sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

dari beberapa pengertian tokoh seperti yang dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum sosiologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji masyarakat.

sedangkan definisi Polisi, yaitu :

badan pemerintah yg bertugas memelihara keamanan dan ketertiban umum (menangkap orang yg melanggar undang-undang dsb);

anggota badan pemerintah (pegawai negara yg bertugas menjaga keamanan dsb);

antara sosiologi dan polisi, keduanya memiliki obyek yang sama, yaitu sama-sama berhubungan dengan manusia dan masyarakat (tetapi tetap beda looh… kalo pilisi hanya manusia-manusia yag bertindak negatif dan menyimpang, sedangkan sosiologi kesemuanya, baik tindakan manusia yang menyimpang atau negatif dan yang positif juga). tetapi bukan itu yang dimaksud dalam hal ini.

jika dilihat dari cara kerjanya sosiologi dan polisi memiliki sifat yang sama. maksudnya yaitu baik sosiologi maupun polisi dalam tindakannya akan mengikuti perubahan yang terjadi dalam masyarakat.  polisi akan bertindak jika dalam manusia/manusia itu baru melakukan kesalahan-kesalahan atau pun tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan hukum seperti kejahatan yang dilakukan sekelompok orang dalam menjebol mesin uang. demikian halnya dengan sosiologi, para sosiologi baru akan bertindak setelah ada perubahan dalam masyarakat, misalnya saja ketika dalam masyarakat terjadi perubahan karena fenomena alam seperti bencana merapi kemarin ataupun karena fenomena sosial seperti demam TIMNAS kemarin.

antara polisi dan sosiologi, keduanya akan terus berkembang pesat mengikuti dan seiring dengan perkembang-perkembangan dan perubahan-perubahan dalam masyarakat. jadi, sosiologi akan tetap eksis karena masyarakat itu dinamis.

 

referensi:

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo.

definisi polisi [online] <http://www.artikata.com/arti-345639-polisi.php> diakses tanggal 14 Jan 2010

  1. oke juga artikelnya, tapi msih kurang daftar pustaka…jdi definisi kurang…..

  2. ok
    thx msukkannya…
    kan segera revisi..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: